Seberapa Penting Sih Pasang Rollbar Pada Jip Dan SUV Buat Off-Road?

Bimo SS - Selasa, 23 November 2021 | 08:30 WIB
Roll bar Off-Road
Bimo SS
Roll bar Off-Road

Jip.co.id - Beberapa merek jip, seperti Jeep CJ-7 ataupun Wrangler, dari pabrikan sudah dilengkapi rollbar 4 titik.

Jika untuk kompetisi, rollbar 6 titik dengan spek pipa maupun konstruksi khusus tak bisa ditawar lagi. Semua demi keselamatan penumpangnya.

Nah, untuk jip-jip non kompetisi, biasanya jarang memakai rollbar. Kendalanya tak hanya soal biaya, tapi lebih ke penampilan dan kenyamanan. Sebaiknya jip untuk adventure tetap dilengkapi rollbar sebagai pelindung.

“Kendati berfokus ke arah safety, namun rollbar ini masih memberikan toleransi pada faktor kenyaman dan kelegaan ruang pada kendaraan kok,” yakin Daniel Zebedeus dari 4FADWork Bandung.

Baca Juga: Isuzu D-Max Baru Kena Ubahan Minimalis Tapi Sporty, Hilux dan Triton Wajib Waspada!

Untuk yang lebih advance, terdapat rollcage yang fungsinya sama dengan rollbar, namun lebih fokus ke arah safetynya. ”Sesuai namanya, rollcage diibaratkan sebagai sangkar yang melindungi pengemudi maupun penumpang.

Karena lebih memfokuskan diri pada unsur keselamatan, unsur kenyamanan pun harus rela dikorbankan. Mengenai bahan yang dipergunakan, untuk rolbar tentu bukanlah pipa sembarangan, namun sebaiknya pakai seamless.

“Paling tidak pipa seamless schedule 40. Spesifikasi pipa ini dinilai paling ideal dari segi bobot dan kekuatan dalam menahan impact,” tutur Unggul Prakoso dari Restu Motor di bilangan Pondok Gede. “Dikarenakan pipa bisa diroll (dibentuk) tanpa menggunakan sambungan las. Supaya pipa tidak pecah bila kena benturan,” tutupnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa