Seberapa Pentingnya Pasang Lampu Tambahan Pada Mobil Off-Road?

Bimo SS - Selasa, 30 November 2021 | 20:50 WIB
Pasang Lampu Off-Road
Dok. JIP
Pasang Lampu Off-Road

Jip.co.id - Sudah lazim untuk kendaraan off-road, penambahan lampu memang sangat diperlukan. Penerangan sangat penting artinya buat off-roader untuk mendapat visibilitas yang baik pada malam hari.

Sehingga, lampu bawaan mobil dirasa sangat kurang karena memiliki daya pencahayaan yang terbatas.

Jika dibandingkan dengan lampu konvensional, lampu jenis LED memiliki beberapa keunggulan, seperti lebih terang, tidak cepat panas, lebih hemat listrik hingga memiliki usia pakai yang lebih panjang.

Baca Juga: Buat Yang Belum Tau, Ini Bedanya Pelek Orisinal Dan Pelek Replika

Untuk memasang lampu LED tambahan pada kendaraan off-road juga perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan, semisal penempatannya.

Pemasangan lampu tambahan di bumper merupakan cara paling umum dilakukan.

Namun agar pencahayaannya maksimal, hanya lampu tambahan tipe driving, sport dan fog lamp yang disarankan hanya untuk dipasangkan di bumper.

Pada bagian atap, hanya lampu tambahan tipe spot dan flood saja yang direkomendasikan untuk dipasang pada bagian atap. Karena kedua tipe lampu ini memiliki pencahayaan yang terang dengan formasi menyorot (spot) dan melebar (flood).

Lampu tambahan tipe flood juga ideal ditempatkan pada pilar A, karena akan membuat pencahayaan lebih menyebar.

Baca Juga: Pakai Ring Beadlock Custom, Tampilan Jip Off-Road Dijamin Sangar

Sehingga, sangat berguna untuk membantu driver dan navigator dalam mengenali obstacle atau medan yang terletak di samping mobil.

Ada juga yang memasang lampu tambahan di bagian kolong bodi ataupun spakbor tujuannya untuk mengarahkan kendaraan. Posisi ban ataupun obstacle pada yang ada di sekitar kendaraan pun dapat terlihat dan terpantau dengan baik.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa