Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penting Untuk Para Off-Roader, Jangan Lupa Untuk Rawat Safety Belt

Bimo SS - Minggu, 12 Desember 2021 | 19:40 WIB
Rawat Safety Belt
Rindra. P
Rawat Safety Belt

Jip.co.id - Perlu diperhatikan untuk pengguna jip off-road dengan kabin terbuka, saat off-road, sabuk pengaman rentan jadi kotor dan rusak. Saat speed off-road misalnya, desain jip tubular yang tak menggunakan kaca membuat air, debu dan tanah kerap masuk ke kabin.

Sementara saat off-road ekspedisi atau adventure, tak jarang air dan lumpur masuk ke kabin.

Sabuk pengaman umumnya terbuat dari bahan fabric, untuk membersihkannya bisa menggunakan cairan khusus pembersih jok dari bahan fabric.

Baca Juga: Tampang Amerika, Isinya Jepang. Gabungan JK Wrangler Dan Land Cruiser

Bila bagian buckle atau gesper sudah bersih, kita lanjut ke beberapa komponen logam di sabuk pengaman. Seperti bagian kunci, maupun pengaitnya (latch), pada bagian ini noda yang kerap muncul adalah karat. Cukup mengelapnya dengan kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol.

“Alkohol atau cairan penetran sangat baik untuk membersihkan logam. Selain itu, alkohol juga cepat kering. Jadi Anda bisa langsung melihat hasilnya,” ujar Iman dari gerai Tekno Mobilindo di kawasan Pondok Gede, Bekasi.

“Karena bahannya fabric, kotoran akan terserap ke dalam sabuk sehingga membuatnya mengeras,” tutur Aretho dari Shinestly Home Service di wilayah Ciledug, Tangerang.

Untuk itu, Anda perlu membersihkannya dengan cairan pembersih atau air sabun, sikat gigi, dan kain mikrofiber. “Caranya, semprot cairan pembersih atau air sabun, kemudian gosokkan kain mikrofiber atau sikat secara menyeluruh,” imbuh Aretho.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa