Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pilih Pipa Untuk Bikin Roll Bar

Bimo SS - Senin, 31 Januari 2022 | 21:55 WIB
Roll Bar Off-Road
Bimo SS
Roll Bar Off-Road

Jip.co.id - Dunia otomotif sangat erat hubungannya dengan pipa, mulai untuk custom knalpot, bikin bemper, ataupun rollbar.

Khusus mengenai rollbar, peranti ini dirancang untuk kepentingan keselamatan pada kendaraan kompetisi.

Pipa yang digunakan sudah tentu memiliki spesifikasi khusus, namun pada dasarnya peranti ini dibedakan dalam dua klasifikasi.

“Kedua klasifikasi yang berbeda ini dikenal dengan sebutan pipe dan tube, keduanya memiliki banyak persamaan namun sesungguhnya berbeda,” jelas Enyo dari Your Fabrication.

Pipe merupakan suatu wahana yang digunakan untuk transportasi atau mengalirkan suatu bahan, seperti air, gas ataupun lainnya.

Sedangkan tube merupakan wahana untuk membuat suatu konstruksi, maka dari itu perhitungan lingkar diameter juga berbeda.

Pipa dihitung dari bagian dalam alias inside diameter (ID), sedangkan tube dihitung dari outside diameter (OD).

Dengan perbedaan fungsi dasar pada pipa, maka bisa dipastikan bahwa bahan yang paling tepat untuk pembuatan roll bar adalah menggunakan tube.

“Sebagai material yang khusus didesain sebagai bahan konstruksi, tube memiliki kemampuan untuk meredam impact dibandingkan dengan pipe,” tutup Enyo.

Baca Juga: Suzuki Escudo Milik Sang Kakek Ini Dimodifikasi Oleh Anak Dan Cucunya

 


Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa