Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sobat JIP Wajib Baca Artikel Ini Dulu Sebelum Nge-roll Per Daun

Bimo SS - Rabu, 23 Maret 2022 | 09:30 WIB
Roll Per Daun
Dok. JIP
Roll Per Daun

Jip.co.id - Menge-roll per daun juga jadi salah satu cara mujarab dan instan untuk meninggikan suspensi selain ganti sakel per.

Tentunya per daun akan lebih melengkung yang membuat kendaraan akan jadi semakin jangkung.

Sayangnya penampilan gagah sukses diraih, tapi performa dari suspensi kian menjauh, bentuk per daun pun tidak melengkung sempurna karena titik alat roll pada per tersebut.

“Per yang telah diroll berefek pada semakin pendeknya wheelbase, kelenturan per pun kian berkurang,” ujar Daniel Zebedeus dari FadWork, Cimahi.

“Setelah per daun diroll, travel suspensi sebenarnya jadi kian terbatas serta bantingan suspensi tunggangan jadi keras, handling pun jadi terganggu,” tambah Daniel.

Karakter dari per daun akan berubah setelah di-roll.
Dok. JIP
Karakter dari per daun akan berubah setelah di-roll.

“Jalan keluarnya adalah mengganti per nomer 1 dengan yang lebih panjang, supaya ruang artikulasinya jadi seperti standar atau malahan lebih besar,” ungkap Daniel yang kenyang mempelajari suspensi ini.

Bahkan beberapa sumber menyebutkan bahwa per daun sebenarnya tidak boleh diroll, karena dikhawatirkan akan merubah struktur molekul pada bahan logamnya.

Tidak menutup kemungkinan, per daun akan patah saat proses menge-roll dikarenakan tidak terlihatnya kondisi sebenarnya per daun tersebut.

“Dengan proses pengerolan yang benar, molekul pada per daun tidak banyak berubah dan lengkungannya dapat lebih merata kalau menggunakan alat roll yang menyerupai alat penggiling kue molen,” ujar Yusuf Ramadhan dari D2 Motor.

Baca Juga: Jeep Cherokee XJ Cuma Buat Harian, Tapi Pasang Roll Bar Ala Kompetisi

 

Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa