Bener Enggak Sih, Engine Brake Bisa Bikin Transmisi Otomatis Rusak?

Indra Aditya - Rabu, 18 April 2018 | 20:56 WIB
mobil transmisi otomatis. Engine brake
Dok Auto Bild Indonesia
mobil transmisi otomatis. Engine brake

JIP.CO.ID – Untuk mengurangi laju mobil, pengemudi bisa memanfaatkan engine brake atau pengereman dengan memanfaatkan tenaga mesin.

"Pada transmisi otomatis tidak dikenal engine brake, yang ada adalah memindahkan gigi secara manual untuk mendapatkan engine brake," buka Usman Adie, Technical Manager Slalom Toyota Team Indonesia.

Pasalnya, menurut Usman, pada mobil transmisi otomatis berlaku hukum yang berbeda dengan mobil transmisi manual.

Ketika melakukan proses kick down atau menginjak pedal gas secara dalam, maka transmisi otomatis akan menurunkan gigi dan menambah kecepatan.

Namun, ketika melakukan lepas gas, tidak seperti transmisi manual yang akan menurunkan putaran mesin, pada transmisi otomatis justru akan menaikan gigi, sehingga mobil tetap melaju pada putaran mesin yang tetap.

(BACA JUGA: Interior Mercedes-AMG GLE 63 S Nan Mewah Karya TopCar)

Makanya, untuk mengurangi kecepatan pada mobil matik harus dilakukan dengan cara menginjak pedal rem dan dibantu dengan menurunkan posisi gigi transmisi untuk mendapatkan engine brake.

"Seiring menurunnya kecepatan mobil lakukan pemindahan gigi secara bertahap untuk membantu mengurangi laju mobil dan meringankan beban rem," lanjut Usman Adie.

Ini yang mesti diingat, lakukan pemindahan gigi secara bertahap.

Editor : Indra Aditya
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X