Modifikasi Jip, Toyota Land Cruiser VX80 Ini Diubah Jadi Lebih Gagah

Nabiel Giebran El Rizani - Sabtu, 27 April 2019 | 16:30 WIB
Toyota Land Cruiser VX80 milik Topan
Toyota Land Cruiser VX80 milik Topan

Jip.co.id - Semua tahu betapa saktinya Toyota Land Cruiser VX80 sebagai SUV 4x4 serbabisa, diajak off-road berat, tinggal pasang winch dan ban MT.

Diajak turing jauh, pasti nyaman bin mantap dengan kabin luas dan tenaganya yang besar. Makanya banyak yang menganggap VX80 sebagai SUV ideal. Pun muncul banyak gaya modifikasi VX80, dari off-road ban besar, city slicker klimis, hingga ala ekspedisi yang belakangan ini lagi hype.

Tapi, agak lain dengan VX80 milik Topan dari Madiun ini. Ingin sesuatu yang berbeda dari VX80 lain, Topan pun menyerahkan penggarapan ke ProRock Engineering Solo oleh Widodo Teguh, bos ProRock, langsung saja diusulkan pemasangan mesin V8, seperti yang biasa dia pasang di buggy kompetisi garapannya.

Mesin V8 5300 cc ini butuh pendingin ampuh, maka dipasangkan dengan radiator khusus buatan Griffin
Mesin V8 5300 cc ini butuh pendingin ampuh, maka dipasangkan dengan radiator khusus buatan Griffin
Ini benar-benar berbeda dari yang lain. Karena kami belum pernah mendengar ada yang mengganti mesin 1-HDT bawaan asli VX80, lantaran tenaganya dianggap lebih dari cukup.

(Baca Juga : Udah Tahu Belum? Beginilah Sejarah Dari Mesin Toyota Land Cruiser FJ40)

Memang, mesin asli VX80 tak pernah dikeluhkan tenaganya, tapi dengan mesin V8 baru ini, performanya dipastikan melejit jauh dari standar.

Dengan tenaga 350 dk, tentu lebih nikmat dari 164 dk bawaan asli! Ini akan membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan, dan seru..

Bagian bumper depan sudah dilengkapi dengan winch dari Warn
Bagian bumper depan sudah dilengkapi dengan winch dari Warn
Tentu, Widodo tak sembarangan memasang mesin tersebut. Mesin rekondisi dari Amerika itu ibarat baru, namun masih ditambah beberapa komponen doping tenaga.

Sebut saja ECU yang sudah diremap, header berlapis keramik buatan Sanderson yang disambung dengan exhaust sistem Borla Hot Rod Kit, serta filter udara K&N. Semua komponen ini membuat mesin 5.300 cc itu bernapas lebih plong, dan menghasilkan tenaga dua kali lipat dibanding mesin asli.

Memasang mesin muscle car Amerika ini bukan hal sulit bagi workshop ProRock. Selain menyesuaikan segala dudukan, mereka juga memasangkan dengan transmisi otomatis TH400, yang memang pasangan ideal sang mesin.

Bagian gardan
Bagian gardan
Tentunya, sistem 4x4 bawaan VX80 tetap dipertahankan dengan adaptor khusus buatan Atlas. Sehingga, tak bakal ada masalah ketika sesekali membawanya bermain tanah. Apalagi dengan tenaga besarnya, mengais traksi pasti menyenangkan...

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X