Mengenal Fungsi Dan Kegunaan Relay Pada Mobil Kesayangan JIPMania

Bimo SS - Sabtu, 13 Juni 2020 | 12:26 WIB
relay
relay

Jip.co.id -Lampu utama kurang terang? “Pasang relay aja,” begitu saran mekanik langganan.

Anehnya, jawaban sama diulang kala mengeluh suara klakson kecil, atau putaran dinamo starter lemah (padahal baru ganti aki), atau pengapian kurang mumpuni, sampai tiupan blower AC yang pelan.

Wah, jangan-jangan mekanik itu bisa memasang relay, atau memang peranti yang disebut relay begitu sakti, sanggup mengobati beragam penyakit?

Sebenarnya itu tidak terlalu salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Sebab, penyakit-penyakit yang dikeluhkan tersebut berkaitan dengan sistem kelistrikan.

Listrik memang tidak dapat dipisahkan dari kendaraan. Peranti penting seperti lampu, klakson, elektrik fan, dan lain sebagainya, semua bekerja dengan daya listrik.

Satu kelengkapan wajib elektronik equipment adalah sakelar atau switch, yang menentukan hidup-matinya perangkat elektronik dengan memutus/menyambung aliran dari sumber listrik (aki/alternator). Rupanya bisa bermacam-macam, tergantung komponennya.

Baca Juga: Ubahan Simpel Buat Toyota Hilux Tampil Jauh Lebih Keren

relay
relay


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa