Ini Dia, Tips Khusus Mengatasi Rem Ngeloyor Di Jeep Cherokee XJ

Bimo SS - Senin, 15 Juni 2020 | 15:27 WIB
rem jeep cherokee xj
rem jeep cherokee xj

Jip.co.idJeep XJ Cherokee boleh saja disebut sebagai salah satu SUV tangguh yang berpengaruh di dunia 4x4.

Namun sayang seribu sayang, predikat ini sering kali harus luluh lantak saat pedal rem diinjak. Tak jarang sang Cherokee cuek bebek tetap meluncur laksana pelor tak terkendali sekalipun si pengendara sudah menginjak sekuat tenaga.

“Ngeloyornya rem cherokee ini jamak dialami pada Cherokee lansiran awal yang belum dilengkapi dengan piranti ABS,” tutur M Bintang salah satu pengguna setia SUV Amerika ini. “Hal ini jamak terjadi pada Cherokee bertransmisi matik,” lanjut pria yang akrab disapa Abin ini.

Baca Juga: Land Rover Defender 2020 Ini Coba Tampil Beda Jadi Lebih Elegan

rem jeep cherokee xj
rem jeep cherokee xj

“Banyak pengguna Cherokee generasi tersebut mengganti booster beserta master rem atas dengan merek Mopar ataupun milik Cherokee ABS yang memiliki master rem dan booster lebih besar,” sambung Suprapto dari bengkel Prafa motorsport.

“Minimnya volume master rem atas ditambah dengan kecilnya booster pada Cherokee generasi awal inilah yang menyebabkan gagalnya proses pengereman terutama saat pedal rem diinjak mendadak,” lanjut Prapto. “Rem tidak mampu berkerja maksimal untuk menahan laju Cherokee yang memiliki mesin besar dan bobot yang berat,” cerocos pebengkel yang banyak bergelut dengan merek Jeep ini.

“Mengganti dengan booster sekalian master rem dengan ukuran yang lebih besar bisa menjadi solusinya. Bisa saja menggantinya dengan milik Cherokee yang sudah ABS maupun merek aftermarket. Namun ada solusi lain yang bisa dilakukan.

rem jeep cherokee xj
rem jeep cherokee xj

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa