Land Rover Series II Ini Dibikin Dari Bahan Kertas Selama 20 Tahun!

Bimo SS - Rabu, 15 Juli 2020 | 08:43 WIB
Landy Rover kertas
Landy Rover kertas

JIP.co.id - Bikin mainan Land Rover dari kertas.? Iya, kertas... plus beberapa bahan baku yang ada di sekitar rumah dan pernak-pernik perhiasan wanita, mainan anak-anak dll.

Lah..., kenapa nggak beli aja sih, mainan LR yang udah jadi.? Nah, justru itu..., kalau beli rasanya nggak asik buat saya. Jadilah perakitan ‘prototipe’ Landy meniru LR seri II SWB beneran milik alm. ayah. Bahannya potongan Duplex (kertas buat hard cover buku) lungsuran dari kerja kreatif Biro Design PT. Bunga Kreasitika Bandung.Karena dimensi serta bentuknya dibuat hanya berdasar perkiraan, maka setelah jadi, bentuknya buruk.

Nggak terlalu mirip Landy, malah bentuknya seperti mobil-mobilan dari kayu yang dulu suka dijual di sekitar Jl Pasar Minggu Raya, dekat TMP Kalibata.

Land Rover kertas
Land Rover kertas

Beberapa teman saya malah bilang, lebih cocok jadi asbak atau tempat sampah kecil.... Karya pertama ini akhirnya rusak total. Karena tanpa sengaja pacar saya yang waktu itu main ke rumah, menumpangkan sikunya ke atas LR kertas prototipe itu, sambil bilang “Apa kabarnya Mas,” dengan senyum manisnya.

Hancur total Land Rover kertas itu....Kenangan tentang LR kertas pertama itu muncul lagi saat saya sudah bekerja sebagai redaktur di Majalah MOTOR pada 1998. Saya mulai lagi Landy Paper Proyek, dengan acuan Land Rover Series II SWB, tipe ‘batok’, pick-up dengan kabin hardtop. Kali ini saya berusaha agar skala dimensinya lebih akurat.

Baca Juga: Luar Biasa, Land Rover Defender Karya Kahn Ini Pakai Mesin V8

Caranya dengan mengukur LR aslinya dengan jengkal tangan, maklum saat itu informasi akurat seperti di internet sekarang, susah didapat. Pengukuran dengan jengkal tangan itu lalu dikonversi ke ukuran mini. Lumayan juga hasilnya, ya.. kira-kira jadi skala 1:18.

Land Rover kertas
Land Rover kertas

Landy Paper Proyek kedua dimulai dari bikin sasis. Bahan utamanya kertas Dupleks untuk struktur utama dan penguatnya. Potongan karton tebal itu saya bentuk sesuai profil sasis yang kuat, karena nanti akan jadi tumpuan buat bodi, mesin, girboks dan gardan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa