RC Off-Road G-Class Ini Hampir Semua Bagian Dibuat Dari 3D Print

Bimo SS - Kamis, 13 Agustus 2020 | 12:45 WIB
RC adventure 3d print
RC adventure 3d print

JIP.co.id - Jiptoys pernah membahas tentang bodi RC adventure hand made dengan menggunakan media styrene, sempat juga menampilkan body RC berbahan plat besi.

Kali ini JIP berhasil bertemu dengan penghobi RC Adventure sekaligus membuat sendiri beberapa parts RC kesayangannya dengan menggunakan 3D printer, termasuk body tentunya.

Adalah Bismo Jelantik Joyodiharjo, pria yang sudah menggeluti dunia disain menggunakan program 3D sejak medio era tahun 90-an, dan mulai menggeluti 3D print di dunia pekerjaannya dan penelitiannya sebagai dosen desain produk di ITB semenjak tahun 2012 ini awalnya justru iseng.

Terlebih tidak tersedianya body RC semua varian mobil 4x4 yang sesuai keinginan ada dipasaran. Biasanya, setelah menentukan body yang akan dibuat, Bismo langsung “menggambar” menggunakan program 3D keseluruhannya. Dari mulai dimensi, penentuan wheelbase, geometri suspensi, posisi parts elektrikal, hingga body dan detail bodynya semisal lampu, handle puntu, sampai ke sasis.

Baca Juga: Aksesoris Untuk RC Adventure Ini Selain Berfungsi Juga Berlisensi

Dan terkadang pelek juga dibuatnya. Uniknya, sasis pun dibuat monokok supaya menjadi satu kesatuan dengan body sehingga lebih kuat.

Seperti RC Zezo G-Klass yang baru saja dibuat oleh Bismo, “untuk G-Klass ini total komponen yang dibuat menggunakan 3D printer sebanyak 80 piece”. Yang lebih mengasyikkan lagi, material filamen yang digunakan tidak sama tiap komponen.

“Untuk bahan, juga ada beberapa jenis filamen sesuai peruntukannya ada yang kaku, flex, atau transparan untuk mika lampu”, tambahnya.

Khusus untuk Body, Yang pasti lebih tebal dari hard body yang di produksi masal, namun tidak solid melainkan memakai infill honeycomb sesuai kebutuhan, di bagian yang high stress lebih tebal, namun bagian tertentu bisa dibuat lebih ringan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa