Baca Ini Sebelum Membeli Ban Jip Dan SUV Anda Supaya Tidak Salah Pilih

Bimo SS - Sabtu, 29 Agustus 2020 | 08:41 WIB
baca kode ban
baca kode ban

 

Jip.co.id - Layaknya sepatu, pasti anda akan memilih spesifikasi sepatu yang akan digunakan secara benar.

Terutama bila digunakan untuk kebutuhan khusus, seperti outdoor. Pasti kita akan cari tahu material bahan sepatu dan ukuran sepatu tersebut. Agar spesifikasinya sesuai untuk alam bebas dan nyaman digunakan.

Begitu juga dengan ban mobil kita, ini ibarat sepatu yang akan digunakan pada mobil. Jadi sebaiknya kita tahu dulu spesifikasi ban mobil kita, hingga sampai ke ukurannya agar ideal untuk mobil kita dan peruntukan off-road misalkan.

“Semua itu bisa kita ketahui dari kode-kode yang ada di dinding ban atau sidewall, sepsifikasi ban tertera detail disitu,” jelas Almarhum John Welly, pemilik toko Tifa Ban yang sempat memberikan pengetahuan tentang kode ban kepada JIP beberapa waktu sebelum kepergiannya.

Ini Bahaya yang Akan Mengintai Jika Kabel Dibiarkan Semrawut

Pada ban mobil 4x4 atau SUV, pastinya akan berbeda dengan ban khusus kendaraan penumpang atau mobil aspal. Dari jenis tapak saja, ban ini punya patern yang kasar, pasti kodenya pun berbeda pada ban jenis Radial biasa.

 “Ambil contoh pada jenis ban BF-Goodrich tipe Mud Terrain KM2. Pada sidewall ban terdapat kode LT315/75R16 121 Q M+S. Setiap tanda yang tertulis ini adalah spesifikasi dari ban tersebut. Seperti kode ‘LT’ diawal, ini adalah jenis ban untuk kendaraan tipe Light Truck.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa