Restorasi Suzuki Jimny SJ410 LWB Ini 'Dibumbui' Parts Jimny Jepang

Bimo SS - Rabu, 23 Desember 2020 | 19:15 WIB
jimny LWB JDM
jimny LWB JDM

Jip.co.id - Penggemar Jimny di Indonesia boleh saja iri dengan penggemar Jimny di Jepang, yang pilihannya jauh lebih beragam, terutama pada Jimny Gen II.

Sebagai perbandingan, sejak diperkenalkan hingga dihentikan produksinya, Jepang setidaknya memiliki 8 versi. Sedangkan Indonesia hanya 2 versi, yang dihuni SJ410 dan SJ413 Caribian.

Namun begitu, ada satu hal pihak Jepang mengalami kekalahan. Khusus untuk Jimny Long Wheelbase, Jepang hanya mengenal satu varian, yakni SJ40K berbentuk pick-up. Itu pun hanya beredar dari 1982 hingga 1984 saja.

Selebihnya kiprah Jimny long berada di luar Jepang. Sedangkan era LWB di Indonesia yang dimulai di tahun 1984 hingga 1992. Itu pun kembali dilanjutkan oleh SJ413 Caribian di tahun 2004 hingga 2007. 

Untuk Jimny long yang satu ini diubah menjadi sangat menarik dan unik. Salah satunya milik Agung Prawira.  

Konsep restorasi merupakan kawinan Jimny JDM dan Jimny Long di Indonesia. Singkatnya, pria ramah ini ingin menghadirkan sosok SJ410Q versi long, dengan napas tampilan JDM.

Baca Juga: Apakah Boleh Pakai Oli Gardan Beda dari Rekomendasi Pabrik?

jimny LWB JDM
jimny LWB JDM

“Sebenarnya versi seperti ini banyak beredar di India yang dikenal sebagai Maruti Gypsi, namun saya ingin membuat tampilannya lain dibandingkan yang di India,” Ujar Agung. 

Langkah awal, Agung mengadopsi pernak-pernik JA11.

“Sebisa mungkin peranti JA11 hasil buruan ditempel. Namun memang ada beberapa bagian seperti kaca spion, justru saya comot dari JA12,” kekeh Agung yang mengaku suka dengan bentuk assist mirrornya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa