Cerita Restorasi Sebuah FJ25, Toyota Land Cruiser Langka Di Indonesia

Bimo SS - Senin, 31 Mei 2021 | 19:26 WIB

Jip.co.id - Entah berapa kali Djoddy Wijaya terkecoh dengan informasi yang salah, namun hal itu tidak pernah menyurutkan tekadnya untuk mencari leluhur sang legenda.

Hingga suatu saat kabar tentang sebuah Toyota Land Cruiser FJ25 lansiran 1959 milik sebuah bengkel di Nusa Tenggara Timur sampai ke telinganya. “Saya pergi seakan berjudi dengan nasib, karena tidak ada informasi yang menyebutkan bahwa jip itu akan dijual,” kenang Djoddy.

Kondisinya menyedihkan. Bodi tub orisinal hanya tersisa di bagian depan saja. Bak belakang berikut lantainya hancur, dan sebagian diganti dengan pelat bordes. Selain itu banyak perniknya sudah lenyap tak berbekas.

Baca Juga: Restorasi Toyota Land Cruiser FJ40 Cuma Untuk Obat Mumet Sang Pemilik

Mesin 6 silinder berkapasitas 3.9 liter dioverhaul total. Butuh ketekunan ekstra untuk  mengembalikan kondisi mesin seperti bawaan pabrik.
Mesin 6 silinder berkapasitas 3.9 liter dioverhaul total. Butuh ketekunan ekstra untuk mengembalikan kondisi mesin seperti bawaan pabrik.
Melewati perburuan  di dunia maya, akhirnya girboks orisinal  4 percepatan berikut transfercasenya  berhasil diperoleh di suatu daerah di  Amerika Serikat.
Melewati perburuan di dunia maya, akhirnya girboks orisinal 4 percepatan berikut transfercasenya berhasil diperoleh di suatu daerah di Amerika Serikat.

Djoddy langsung mengutarakan niatnya untuk memboyong pulang.

Kegirangannya tak bisa dibayangkan saat mengetahui bahwa jip itu dilengkapi dengan surat-surat resmi, walaupun pajaknya sudah lama mati.

Ciri gardan 9 inci generasi awal ini ditandai dengan posisi bonggol gardan belakang yang terletak di bagian tengah.
Ciri gardan 9 inci generasi awal ini ditandai dengan posisi bonggol gardan belakang yang terletak di bagian tengah.

Seluruh interior sesuai dengan spesifikasi  bawaan pabrik, terkecuali pembungkus jok  yang tidak bisa ditemukan barang new old  stock (NOS)nya. Sebagai gantinya dipergunakan bahan pembungkus dengan warna dan material yang mendekati spesifikasi bawaan kendaraan.
Seluruh interior sesuai dengan spesifikasi bawaan pabrik, terkecuali pembungkus jok yang tidak bisa ditemukan barang new old stock (NOS)nya. Sebagai gantinya dipergunakan bahan pembungkus dengan warna dan material yang mendekati spesifikasi bawaan kendaraan.

Singkatnya, jip itu akhirnya sukses berpindah tangan dan diboyong langsung ke bengkel restorasi kenalannya.

Persoalan pertama adalah mengumpulkan katalog dan literatur sebagai acuan.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa