Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Off-Road Wajib Dipasangi Piranti Ini Supaya Cegah Terguling

Bimo SS - Senin, 18 Oktober 2021 | 20:20 WIB
recovery point off-road
recovery point off-road

Jip.co.id - Pada umumnya posisi recovery point bawaan mobil ada di bagian kolong depan dan belakang kendaraan. Dikenalnya dengan towing point, titik untuk menarik kendaraan saat dibutuhkan. 

Berbeda dengan mobil off-road, dimana sering kali recovery point ditambah jumlahnya maupun lokasi penempatannya.

Semisal dibagian bemper custom yang pastinya didisain lebih kuat. Kerap digunakan saat merecovery kendaraan saat stuck, sebagai titik penempatan hook winch.

Penambahan titik recovery pun semakin berkembang dengan makin bervariasinya jalur off-road. Semisal jalur miring yang memerlukan bantuan dari pihak ketiga untuk menahan posisi mobil supaya tidak terguling. Apalagi mobil off-road ekspedisi pada bagian atas pasti penuh dengan barang bawaan.

Baca Juga: Gokil, Toyota Hilux Ini Coba Pakai Gaya yang Tidak Biasa

Recovery point dipasang pada exocage, ditambahi D-Shackle
Recovery point dipasang pada exocage, ditambahi D-Shackle

Dengan memanfaatkan exo cage, atau rollbar dibagian luar yang biasanya terintegrasi dengan sasis kendaraan, bagian ini cukup kuat dan diberi penambahan recovery point.

Dengan bantuan strap dan omega shackle, biasanya para navigator cukup menahan posisi kendaraan yang sedang miring. bisa dengan bantuan pohon untuk dililitkan dan diulur perlahan, ataupun dengan winch.

Disain recovery point bisa berbagai macam bentuk.
Disain recovery point bisa berbagai macam bentuk.

Tapi tidak disarankan untuk memasang recovery point dibagian atas ini pada roof rack yang hanya memanfaatkan talang air untuk dudukannya, karena resiko roof rack terlepas atau talang air yang rusak sangat besar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa