Periksalah Knalpot Sesudah Off-Road, Siapa Tau Ada Yang Rusak.

GBRN - Jumat, 8 Juli 2022 | 18:30 WIB
Cek Knalpot Mobil Off-Road
Bimo SS
Cek Knalpot Mobil Off-Road

Jip.co.id - Knalpot mungkin bisa menjadi salah satu komponen yang paling jarang diperhatikan kondisinya. Selain posisinya yang tersembunyi di kolong kendaraan, knalpot ini pada dasarnya memang jarang rusak.

Meski begitu, jangan sekalipun menghilangkan knalpot dari daftar pengecekan kendaraan berkala, terutama setelah off-road.

Kerap kali jalur off-road melewati lumpur dan air. Kondisi knalpot yang panas bisa langsung menyebabkan awal timbulnya karat saat lumpur menempel di pipa knalpot.

“Mayoritas material knalpot menggunakan besi galvanis yang tidak bebas karat. Jika sudah berkarat, bisa bocor,” ujar Lilis dari Indo Jaya Knalpot.

 

Baca Juga: Ketika Dipanaskan di Pagi Hari Knalpot Mobil Keluar Air, Ini Penyebabnya

Bagian kolong mobil off-road pasti penuh dengan lumpur. Perhatikan juga bagian knalpot.
Dok. JIP
Bagian kolong mobil off-road pasti penuh dengan lumpur. Perhatikan juga bagian knalpot.
 

“Di beberapa kasus, knalpot bisa berubah bentuk semisal penyok saat terbentur sesuatu di jalur off-road,” cerita Vinan, off-roader pengguna Jeep CJ-7. “Bahkan karet gantungan knalpot bisa ikutan sobek,” tambah Vinan.

Bukan cuma penyok, terkadang getaran yang berlebihan bisa menyebabkan gasket bocor. Knalpot yang bocor tentunya menyebabkan aliran gas buang tidak maksimal dan yang paling parah menyebabkan masuknya gas buang kedalam kabin.

Sebaiknya tiap selesai off-road, segera cuci mobil dan jangan lupa bagian kolong ikut dicuci. Sekalian jangan lupa untuk periksa kondisi knalpot.


Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa