Ini Dia, Salah Satu Cara Menjaga Suhu Mesin Jip Lawas Tetap Adem

Bimo SS - Minggu, 14 Juni 2020 | 10:44 WIB
ngoprek jip thermoswitch
ngoprek jip thermoswitch

jip.co.id - Untuk menjaga suhu mesin, jip dan SUV lawas, biasanya dilengkapi kipas manual atau mekanis. Disebut begitu, karena kipas ini bekerja dengan menggandeng putaran mesin via puli. Karena itu, tenaga mesin pun tersedot secara langsung.

Bertambahnya usia kendaraan dan lalu-lintas jalanan yang kian padat, tugas sistem pendingin pun semakin berat. Alhasil, kipas konvensional pun dianggap kurang efisien lagi.

Mengganti kipas mekanis dengan versi elektrik menjadi salah satu jalan keluar. Putaran kipas yang digerakkan motor listrik ini memang mujarab.

Namun karena berputar secara konstan, terkadang suhu mesin malah terlalu dingin. Sehingga membuat mesin tidak bekerja maksimal, karena suhu idealnya tidak tercapai.

Baca Juga: Ford Ranger Tahun 2011, Double Cabin Asal Amerika Harga Bersahabat

ngoprek jip thermoswitch
ngoprek jip thermoswitch

Gejala ‘kedinginan‘ atau overchill ini bisa ditanggulangi dengan pemasangan thermoswitch, yang berfungsi mengaktifkan/menonaktifkan kipas elektrik secara otomatis.

Thermoswitch bekerja berdasarkan temperatur air raksa yang terdapat di dalamnya. Pada suhu tertentu, maka air raksa mengembang dan mengaktifkan switch, dengan demikian arus listrik mengalir dan elektrik fan pun nyala.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa